77 Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Percakapan 2 Orang Tema Pendidikan, Hukum, Sosial

Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu dengan mengambil petikan kisah dalam berbagai bidang dimana kal ini akan kami sajikan beberapa contohnya sehingga sahabat dengan mudah dalam memahaminya ketika di suruh membuat tugas nanti. Ciri khas yang utama teks anekdot ini adalah pada strukturnya dimana wajib adanya Joke, atau lucu kemudian sindiran yang berisi keritik yang membangun.

Kita dengan mudah bisa membuat apa saja model dan tema dari teks anekdot ini dimana jika sudah paham dengan baik apa itu pengertian, kemudian ciri ciri dan strukturnya. Contoh teks anekdot lucu dalam bidang hukum dan pemerintahan memang sangat populer sekali dimana isinya menyindiri kinerja para anggota DPR yang tidak becus dan lain lain.

Pengertian Teks Anekdot

Dari sisi bahasa etimologi anekdot diartikan sebagai sebuah kisah pendek yang memiliki ciri utama lucu, yang dimana di dalamnya ada sebuah sindirian dan berbau kritik baik untuk pemerintahan dan sekolah atau anggota DPR bahkan pemipin kita. Sindirian dalam anekdot ini sangat umum dan populer biasanya di tunjukan kepada instansi, pemimpin yang tidak becus hanya santai saja namun gaji selangit. Kalian tentu saja bisa mengembangkanya dalam berbagai bidang misalkan saja bidang sosial, lingkungan, politik serta sosial.

Ciri ciri Teks Anekdot

Yuk kita simak beberapa point penting yang menandakan jika sebuah wacana berisikan anekdot, apa saja ciri cirinya ini dia :

  • Biasanya menunjukkan karakter binatang dan figur manusia.
  • Sifatnya adalah humoris.
  • Bentuknya adalah sindiran.
  • Dimaksudkan terhadap orang orang penting contohnya adalah pejabat.
  • Berhubungan dengan kenyataan atau realitas, walaupun anekdot jika dibandingkan dengan perumpaan memiliki perbedaan.
  • Lebih mirip dengan perumpamaan mengenai dongeng.

Struktur Teks Anekdot

Nah jika sudah bisa mengidentifikasi apa saja ciri cirinya maka tidak kalah penting harus tahu juga bagaimana teks andekot terbentuk melalui sebuah struktur yang benar dibawah ini dia :
  1. Abstraksi, adalah bagian teks anekdot yang letaknya berada di awal paragraf yang memiliki fungsi untuk mendeskripsikan secara jelas mengenai isi teks anekdot.
  2. Orientasi, struktur teks anekdot yang memberikan gambaran kondisi dan situasi yang berlangsung di permulaan cerita
  3. Event adalah keterangan dan penjelasan masing masing susunan sebuah cerita yang sedang berlangsung.
  4. Krisis, adalah masalah utama dari sebuah teks anekdot
  5. Reaksi yakni metode dan solusi dalam menyelesaikan sebuah masalah yang muncul dari bagian krisis tersebut
  6. Koda, adalah suasana yang berubah dari masing masing tokoh dan kondisi secara keseluruhan.
  7. Re-Orientasi adalah sebuah tahap akhir atau penutup teks anekdot.

Kaidah Teks Anekdot

  • Memakai waktu lampau
  • Terdapat konjugasi atau biasa kita kenal kata penghubung
  • Adanya kalimat perintah
  • Memakai kata kata pernyataan rotoris
  • Terdapat kata kerja
  • Memakai kalimat seru

Contoh Teks Anekdot Singkat

 

Di suatu pagi yang masih cerah, muncul sesosok laki-laki yang sedang ke rumah sakit karena kedua buah telinganya lagi kena luka bakar.

Doker : “looh, ada apa yang terjadi dengan telinga anda pak?”
Pasien : “begini dokter ceritanya, sebelumnya saya lagi menyetrika baju, nah, ketika saya lagi  menyetrika baju, secara mendadak telpon saya bunyi dan mendering. Sebab reflek, akhirnya ketika saat itu saya lagi memegang setrika, langsung saja saya tempelkan ke telinga kiri saya dok.”
Dokter : “oh, begitu toh ceritanya, saya mengerti keluhan  bapak, kemudian untuk telinga bapak yang sebelah kanan itu apa yang terjadi?”

Pasien : “Nah ini dia masalahnya dokter, si bego tersebut kembali menelpon.”

Bagian-Bagian Struktur dari Teks Anekdot Kesetrika :

 

  • Abstraksi : Di suatu pagi yang cerah
  • Orientasi : muncul sesosok laki-laki yang sedang ke rumah sakit karena kedua buah telinganya lagi kena luka bakar.
  • Krisis : “begini dokter ceritanya, sebelumnya saya lagi menyetrika baju, nah, ketika saya lagi  menyetrika baju, secara mendadak telpon saya bunyi dan mendering. Sebab reflek, akhirnya ketika saat itu saya lagi memegang setrika, langsung saja saya tempelkan ke telinga kiri saya dok”
  • Reaksi : “oh, begitu toh ceritanya, saya mengerti keluhan  bapak, kemudian untuk telinga bapak yang sebelah kanan itu apa yang terjadi?”
  • Koda : “Nah ini dia masalahnya dokter, si bego tersebut kembali menelpon.”

Contoh Teks Anekdot Lucu Tukang Roti

 

 
Di suatu hari, datang tukang roti yang melalui depan rumah, kemudian teman ane si enggal memanggil dia. Tak lama, datanglah tukang roti itu mendekati kita yang sedang istrirahat santai di taman depan rumah.
Enggar : “Adanya Roti jenis apa saja bang ?”
Tukang Roti : “Bisa bermacam maca, dek.”
Enggar : “Terus bang, roti ini apa yah rasanya ?”
Tukang Roti : “Roti ini coklat dek rasanya.”
Enggar : “Kalo roti ini rasa apa bang ?”
Tukang Roti : “roti rasa strawberry dek.”
Enggar : “kalo ini rasa apa bang ?”
Tukang Roti : “ini rasa nanas dek.”
Enggar : “Loh, terus mana rotinya bang ? sejak tadi mulu bicaranya buah-buahan terus ? memangnya abang jual apa sih, roti atau buah ? Jika kaya begini ane gak jadi jadi beli bang”
Tukang Roti : *Hening*

Dalam sekejab si tukang jual roti tersebut pingsan mendadak.

Struktur Bagian-Bagian dari Teks Anekdot berjudul Tukang Roti

 

  • Abstraksi : Di suatu hari, datang tukang roti yang melalui depan rumah,
  • Orientasi : kemudian teman ane si enggal memanggil dia
  • Krisis : “Loh, terus mana rotinya bang ? sejak tadi mulu bicaranya buah-buahan terus ? memangnya abang jual apa sih, roti atau buah ? Jika kaya begini ane gak jadi jadi beli bang”
  • Reaksi : *Hening*
  • Koda : Dalam sekejab si tukang jual roti tersebut pingsan mendadak.

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya : Beo Nakal

 

Citra, Sassi dan Shafira saling bertetangga dan sering bersama-sama berangkat menuju kantor. Untuk sampai jalan raya agar bisa naik kendaraan umum, mereka diharuskan melalui suatu gang yang diantara rumah tersebut terdapat peliharaan burung beo. Tiap kali tiga perempuan tersebut melalui depan rumah orang yang memiliki peliharaan beo, selalu saja si burung beo bilang tiga warna. Sassi mulai merasa curiga kalau burung beo tersebut sudah tahu akan warna celana dalam mereka bertiga.

Untuk memastikan hal tersebut betul atau tidak, mereka mengadakan kesepakatan buat mengenakan warna celana dalam yang sama. Di esok harinya mereka kembali melalui gang tersebut, si beo mengucapkan “Hitam, hitam, hitam.” Ketiga perempuan itu terkagum kagum dan tercengang. Di hari selanjutnya, secara tepat juga si beo mampu menebak warna celana dalam mereka seraya mengatakan “Pink, pink, pink.”

Citra memiliki siasat yang agak konyol. “Bagaimana jika besok kita tak sama sekali mengenakan celana dalam ? Coba, Akan berkata apa si beo usil itu ?” Di esok harinya saat mereka melewati kembali, si beo di dalam sangkarnya tersebut mondar-mandir kayak kebingungan. Citra dan teman-temannya tersebut mulai tertawa sebab dapat ngerjain burung beo yang suka usli tersebut. Namun tertawa mereka tidak langsung lama, karena si beo bilang, “lurus, lurus, keriting.”

Contoh Teks Anekdot Hukum Mencuri Sandal

 

Abstraksi
Di suatu pagi, Angga lagi asyik menyantap soto di warung makan favoritnya. Seusai merasa kenyang, Angga langsung berdiri dan bergegas pulang.
Orientasi

Di tengah tengah berpergian untuk pulang, Angga tertimpa musibah berupa kecelakaan karena kena serempet sepeda motor yang lagi ugal-ugalan. Akibat kecelakaan itu, akhirnya putus sandal Angga. Secara terpaksa Angga berjalan kaki dengan tidak disertai memakai sandal. Dikarenakan jarak rumahnya yang jauh, akhirnya dia memilih mau berkunjung ke toko terdekat buat membeli sandal. Namun, apa buat, jumlah uang di dompetnya tidak cukup.

Krisis

Karena jumlah uang tak cukup, Angga akhirnya memiliki niatan buat menggosop sanda di masjid yang lokasinya cuma beberapa meter dari toko sandal tersebut. Angga akan menggosop sandal paling bagus yang terdapat di masjid tersebut. Dengan duduk di teras masjid, ia sambil juga melihat tiap orang yang akan memasuki ke masjid. Sehingga nantinya saat incarannya sedang sibuketika targetnya sibuk beribadah ia segera mengambil sandal tersebut. Ternyata aksinya berlangsung dengan tanpa adanya hambatan, Angg sukses memperoleh sandal yang warnanya hitam dan merupakan sandal yang paling bagus dari masjid itu. Tidak terduga, si pemilik mengetahui kalau Angga sudah menggosop sandalnya.

Langsung saja, secara spontan si empunya berteriak dan mengejar Arya. Malang betul si Angga, perutnya yang buncit bikin dia tak mampu untuk lari kencang. Angga pun akhirnya di tangkap dan di bawa ke kantor polisi.

Seusai dilaksanakan penyelidikan, Angga di jatuhi hukuman disertai pasal pencurian, lalu kasusnya akan disidangkan satu minggu kembali. Malang banget si Angga, cuma perkara sepele saja bisa bikin dia dibawa di hadapan meja hijau.

Reaksi
Akhirnya tiba juga Hari persidangan, Angga berada di kursi tersangka disertai muka yang tertunduk.
Hakim : “Baiklah, Angga, umur 23 tahun, sudah terbukti ketahuan mencuri sandal yang berharga 30.000 rupiah. Oleh sebab itu, anda akan dikenai hukuman untuk 5 tahun penjara.”

Angga : “looh?! Pak, ini tak adil bagi saya, kenapa hukuman saya sangat lebih berat daripada dengan para koruptor ?”

Koda
Lalu hakim menjelaskan ke si Angga, bahwa ia mencuri sendal, maka dia merugikan seseorang dengan nilai 30.000 rupiah saja. Sementara para koruptor melakukan korupsi duit 2 miliar, maka ia sama saja merugikan 200 juta rakyat Indonesia.

Nah jika dihitung-hitung, koruptor cuma bikin rugi 10 rupiah saja masing masing orang. Sehingga kerugian karena aksi yang dikerjakan oleh Arya lebih gede dibandingkan aksi yang dikerjakan oleh para koruptor.

Contoh Teks Anekdot Politik Baju Tahanan KPK

 

Abstraksi
Dua orang kader parpol panggil aja namanya Angga dan Abdillah. Mereka sama-sama ingin mencalonkan diri menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
Orientasi
Seusai memberikan berkas pencalonannya ke KPU di wilayahnya, Angga dan Abdillah pun berbincang bincang disertai dengan menyeruput kopi di kantin gedung itu. Mereka terlihat sedang melakukan perbincangan yang seru.
Krisis
Angga: “Di, di negara kita ini sebagian besar politisi sudah banyak yang kaya raya!”
Abdillah : “Jika permasalahan tersebut aku pun juga sudah tahu, Ngga!”
Angga : “Begitu kayanya mereka, mereka bahkan sanggup memiliki baju paling mahal di Indonesia.”
Abdillah : “Looh, maksud kamu apa itu baju termahal  ?”
Angga : “Yaah, apalagi jika bukan baju tahanan KPK.”
Reaksi
Abdillah : “Loh, kok baju tahanan KPK sih ?” (Bingung)
Arya : “Ya iya dong, coba saja kamu pikir, seorang politisi sekurangnya-kurangnya perlu mencuri uang negara 1 milyar terlebih dulu, baru dapat mengenakan baju tersebut.”
Abdillah : “Owh, maksud kamu gitu toh, baru dong aku.”
Koda
Mereka lalu memesan kopi lagi disertai mengingat kembali teman-teman mereka yang telah mampu untuk memakai baju termahal tersebut.”

Baca juga : Contoh Teks Eksposisi

Contoh Teks Anekdot Pendidikan Fasilitas Kantin Sekolah

 

Di suatu hari, di suatu sekolah lebih tepatnya di dalam kelas, ada sesosok guru yang lagi mengabsen anak-anak muridnya sebelum mengawali pelajaran.
Guru : “Septi ?”
Dina : “Hadir bu!”
Guru : “Agung?”
Dina : “Tidak tahu bu, paling Doni masih berada di luar kelas bu!”
(Tidak lama kemudian, datanglah Doni masuk ke dalam kelas)
Doni : “Minta izin bu, apakah boleh saya masuk kelas ?
Guru : “Kamu habis dari mana saja Doni ?”
Doni : “Saya Baru saja membeli makanan di luar sekolah bu”
Guru : “Looh, kita kan memiliki kantin sendiri. Terus ngapaian kamu perlu kesana ?”
Doni : “Iya bu, namun kantinnya mirip gudang, sudah kotor dan kecil amat.”
(Seluruh murid pun akhirnya tertawa menyimak perkataan Doni tersebut)
Guru : “Kamu itu, mendingan di sekolah ini memiliki kantin, namun kamu ada betulnya juga sih. Karena memang kantin di sekolahan kita agak kurang sadar tentang menjaga kebersihannya.”

Mendengar masalah tersebut, kelas kembali lagi ke aktifitas belajar mengajar dan lalu ibu guru bikin jadwal piket buat kantin dan meminta kepala sekolah supaya memperbaiki kantin tersebut.

OK itu dia yang bisa kami sajikan kali ini seputar pengertian teks anekdot, struktur teks anekdot, ciri ciri teks anekdot, kaidah teks anekdot, contoh teks anekdot singkat, contoh anekdot lucu, dan cerita anekdot beserta strukturnya.